Fungsi Air Bagi Tubuh

Air merupakan sumber kehidupan pertama bagi manusia, selain hewan dan tumbuhan tentunya. Banyak sekali manfaat yang bisa di berikan oleh air untuk tubuh manusia, diantara penjelasannya sebagai berikut :

Air Bekerja Dengan Ajaib
Bila Anda minum banyak air bersih dan jernih, maka hal tersebut akan memacu peningkatan kesehatan Anda, di mana para peneliti menemukan bahwa, makin hari makin banyak keuntungan dengan minum air dalam jumlah yang cukup bagi kesehatan, termasuk:

Pencernaan dan metabolisme yang lebih baik
Minum air dalam jumlah yang cukup menjadikan baik pencernaan maupun metabolisme dapat bekerja pada kapasitas maksimalnya. Faktanya, penelitian terbaru dari University of Utah menyatakan bahwa kekurangan air dapat menyebabkan menurunnya metabolisme.

Memperbaiki kemampuan dan daya tahan tubuh
Anda akan mampu bekerja lebih keras/berat bila mendapatkan air yang cukup. Sebagai tambahan, air dapat memperkuat daya tahan tubuh Anda. Karena air dapat menaikkan simpanan glycogen, suatu bentuk dari karbohidrat yang tersimpan dalam otot dan digunakan sebagai energi saat Anda bekerja.

Tahan lapar
Rasa lapar kadang merupakan penyamaran dari rasa haus. Sewaktu anda mengalami dehidrasi (kekurangan air) Anda mungkin merasa ingin makan padahal yang Anda butuhkan sebenarnya adalah air. Anda juga dapat memanfaatkan efek rasa kenyang dari minum air untuk mencegah makan berlebihan.

Mengurangi resiko terhadap beberapa macam penyakit
Para peneliti saat ini meyakini bahwa cairan atau tepatnya air dapat berperan aktif dalam mengurangi resiko terhadap beberapa penyakit seperti: batu ginjal, kanker saluran kencing, kanker kandung kemih, dan kanker usus besar (colon). Minum cukup air dapat pula menghindari sembelit.

Senjata ampuh melawan masuk angin atau pilek
Antibodi dalam lendir yang melapisi kerongkongan berfungsi untuk menjerat virus pilek. Daya tahan ini akan melemah apabila Anda dehidrasi (kekurangan air) karena akan menyebabkan lendir mengering. Sebagai catatan banyak ahli kesehatan merekomendasikan air sebagai ekspektoran yang efektif untuk mengurangi batuk.

Pelembab wajah paling ampuh
Dengan minum banyak air membantu kulit Anda tetap kenyal dan kencang serta mengurangi garis-garis dan kerut pada wajah.

Menangkal rasa letih akibat melakukan perjalanan
Udara panas dapat menyebabkan Anda dehidrasi dan akan menimbulkan rasa letih pada saat dan setelah perjalanan. Minumlah banyak air sebelum melakukan perjalanan dan satu gelas tiap jam perjalanan Anda.

Mengatasi migrain/sakit kepala
Para peneliti menyatakan bahwa dehidrasi dapat mengakibatkan migrain/sakit kepala, jadi bila Anda sering mengalami migrain adalah sangat penting untuk minum air dalam jumlah yang cukup.

Sedangkan Fungsi Air yang utama adalah :
1. Membentuk sel-sel baru, memelihara dan mengganti sel-sel yang rusa
2. Melarutkan dan membawa nutrisi-nutrisi, oksigen dan hormon ke seluruh sel tubuh
yang membutuhkan
3. Melarutkan dan mengeluarkan sampah-sampah dan racun dari dalam tubuh kita
4. Katalisator dalam metabolisme tubuh
5. Pelumas bagi sendi-sendi
6. Menstabilkan suhu tubuh
7. Meredam benturan bagi organ vital

Mungkin dari sahabat-sahabat blogger punya definisi dan fungsi lain tentang air bagi tubuh??
Silahkan isikan komentarnya....


Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Fungsi Air Bagi Tubuh. Berlangganan melalui email sekarang juga:


BACA JUGA LAINNYA:

44 Responses to "Fungsi Air Bagi Tubuh"

  1. amankan dulu yang keduaxxxxx

    BalasHapus
  2. setuju sob, air memang sangat bermanfaat buat kehidupan di dunia ini.. baik manusia, hewan maupun tumbuhan... karena tanpa air kehidupan ini takkan berjalan... Pada saat makan pun, seenak apa makanan dan sekenyang-kenyangnya kita makan, kita pasti harus minum... :D
    Yang pasti, kita harus bersyukur akan semua yang telah di berikan oleh Yang Maha Kuasa... :)
    Thanks ilmunya sob.... :) :D :P ;)

    BalasHapus
  3. ya mantap... sebagian besar tubuh kita emang terisi oleh air....

    dan air di butuhkan oleh tubuh... makasi infonya...

    BalasHapus
  4. makanya ayo minum air putih minimal 8 gelas sehari :))

    BalasHapus
  5. emang sih air putih banyak kasiat nya..saya sendiri selalu minum air putih bergelas gelas, apalagi pekerja yg sering duduk..

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah saya suka sekali minum :-) trims infonya mas..manfaat sekali

    BalasHapus
  7. ckckck....minum memang banyak manfaatnya....
    minum dulu ah...daaahhhh :.((

    BalasHapus
  8. isi tubuhku 75% alkohol...=))

    BalasHapus
  9. @Vito dan Cheaproduct:
    ->Aman semua sob... hehehe =))
    @MetaHerry:
    ->Sip, setuju banget sob.... ;;)
    @Iqbal:
    ->Makasih sob...
    @Muhammad Fathonny:
    ->Terimakasih... v0^

    BalasHapus
  10. @Rifky:
    ->Betul sob, pekerja yg sering duduk seperti kita (OL), hehehe.. =))
    @Mas Insan:
    ->Syukron mas...
    @VANMOVIC:
    ->Silahkan minum bro....
    @Mas Bayu:
    ->Wadhuhh... kok bs mas?? Makanya dikasih air tubuhnya.. wkwkwk =))

    BalasHapus
  11. salam sahabat
    wah siip postingannya oh iya thnxs dah add Fb dan ada award buat mas Amru mohon berkenen di ambil ya..good luck

    BalasHapus
  12. ada satu lagi bro....fungsi utama dari air putih itu yaitu..........Membuat yang haus menjadi tidak haus lagi..... :)) :)) :)) :)) :)) ( bercanda)....

    BalasHapus
  13. katanya kalau banyak minum bikin badan langsing dan kulit mulus,wah buat para cewek banyakin tuh minum air putih...(ehehe....)^_^

    BalasHapus
  14. @Mbak Dhana:
    ->Sama2 mbak.. Ok langsung ke TKP sekarang jg..
    @Arman Paima:
    ->Hehehe :)) Betul,3x...

    BalasHapus
  15. @cheaproduct:
    ->Setuju sob...
    @elogirl:
    ->Salam kenal kembali...

    BalasHapus
  16. Makasih banyak atas infonya yang berharga ini.

    BalasHapus
  17. keren abiz infonya...
    Air adalah sumber kehidupan bagi alam
    karena semua manusia berawal dari air kecuali Nabi Adam dan Siti Hawa

    BalasHapus
  18. Yup bener tuh yang di ulas air bikin tahan lapar. Bener bange klo lagi batuk minum air. Namun utnuk bayi yang sistem pencernaannya belum baik, gak baik terllau banyak minum air.

    BalasHapus
  19. Belajar ngikut jadi komentator ah... huehuehue...

    BalasHapus
  20. memang manfaat air putih yg bersih sangat berguna bagi tubuh.cuman di jaman skrg org lebih banyak minum minuman instan.air putih lebih di nomor dua kan. :)

    BalasHapus
  21. karena dulu lebih sering mengkonsumsi alkohol dr pada air putih...0[]

    BalasHapus
  22. Wah bingung mw ngomong apa? apa yang mw aku omongin udah ada di atas smwa??? (^_^)

    BalasHapus
  23. setuju...tapi kalo kebanyakan bisa mabok juga...hahaha

    BalasHapus
  24. makasih artikelnya, sangat lengkap
    selain untuk kebutuhan sehari-hari, air ternyata banyak manfaatnya bagi tubuh.

    BalasHapus
  25. iya nih sob...wa emang kurang deh minum air putih..banyakan ngopi....
    jadi malah kena ginjal ye sob...

    makasih bangets telah ngingatin sob...

    BalasHapus
  26. @Kak Setiawan:
    ->Sama2 kak, terimakasih..
    @Alkatro:
    ->Sip mas.. hehe
    @Yusnita:
    -> Terimakasih sob.....

    BalasHapus
  27. @UU Persikmania:
    ->Peace!!! :)) v0^
    @Writer:
    ->Bener sob, memang itu yg terjadi di jaman sekarang ini..
    @Mas Bayu:
    -> Wah... no comment deh.. hik,

    BalasHapus
  28. @Wawan's:
    ->Hehehe, makasih sob...
    @Alrizamittariq:
    ->Bener sob, apapun kalau berlebihan alias over dosis itu gk baik...
    @narti:
    ->TErimakasih mbak..
    @sosial seni:
    ->Sama2 sob, terimakasih kembali..

    BalasHapus
  29. tanpa air matilah kita heheh...

    BalasHapus
  30. halo..
    ada award nie, diambil ya..

    http://dhie-yan.blogspot.com/2010/01/award-lagi.html

    BalasHapus
  31. @Jhonson: Bener sob.. hehehe..
    @Ambar: Ok, sob aku ambil sekarang...

    BalasHapus
  32. aq setuju bgt sob.. mang air putih tu sgt baik untuk tubuh kita

    BalasHapus
  33. suka info tentang air ni...
    memang baik untuk kesihatan
    badan...

    BalasHapus
  34. Memang, minum air bagus untuk badan, tapi kadang-kadang bisa juga minum satu beer atau dua. Supaya hilang hutang untuk sementara.
    Salam kenal

    BalasHapus
  35. minum air putih bagus untuk kesegaran tubuh .. tambah minum.. tambah suegggeerrrsss xixixi...

    BalasHapus
  36. eh aku ada pertanyaan nih...katanya eh katanya minum air sesaat setelah makan tidak dianjurkan ya?bener gak yah?

    BalasHapus
  37. fungsi air?? wah luar biasa ya?? lanjutkan sob...

    BalasHapus
  38. salam kenal sobat
    saya tunggu kunjungan baliknya

    BalasHapus
  39. selamat malam kwan, terus berkarya dengan postinganmu yang mantab... ok

    BalasHapus
  40. selamat malam kwan, terus berkarya dengan postinganmu yang mantab... ok

    BalasHapus
  41. Yang jelas minum air terutama air putih selain murah tapi juga banyak manfaatnya

    BalasHapus
  42. Benar sob air memang banyak manfaatnya jadi jangan disepelekan

    BalasHapus

Terimakasih atas komentarnya sahabatku semuanya. Jangan bosan-bosan berkunjung ke Amru Site ya...