Jangan Langsung Tidur Sehabis Sahur

Tak sedikit orang yang memilih tidur setelah sahur biar tak mengantuk saat beraktivitas pagi harinya. Hati-hati, tidur usai sahur tidaklah baik untuk kesehatan. Namun, ada cara sehat bila ingin tidur habis sahur.

Tidur setelah makan tidaklah sehat menurut ilmu kedokteran. Hal ini karena sistem pencernaan masih belum selesai mengerjakan tugasnya, terutama lambung.

"Setelah makan, makanan akan disimpan di dalam lambung. Nah, ketika Anda langsung tidur, maka makanan itu akan berbalik arah lagi ke atas," ujar Dr.H.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB,FINASIM, dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Lambung dan Pencernaan, FKUI-RSCM, saat dihubungi detikHealth, Rabu (11/8/2010).

Menurut Dr Ari, kondisi ini disebut dengan refluks esofagus atau esophageal reflux, yaitu kembalinya makanan dari lambung ke dalam esofagus (saluran yang mengangkut makanan dari mulut ke perut).

Bila kondisi ini terjadi, maka makanan yang baru saja mencapai lambung akan berbalik arah menuju ke kerongkongan. Selain itu, tentu saja ada asam lambung yang terbawa oleh makanan tersebut.

Akibatnya, kerongkongan akan terasa kering, panas, kadang membuat orang merasa mual, mulas dan ingin muntah karena ada makanan yang berbalik arah. Hal ini akan semakin parah bila orang tersebut sudah menderita penyakit maag atau tungkak lambung.

Dilansir dari MedicineNet.com, makanan di perut sebagian dicerna oleh asam lambung dan enzim. Biasanya, sebagian kandungan asam lambung disampaikan oleh otot perut ke dalam usus kecil untuk pencernaan lebih lanjut.

Namun, dalam kondisi refluks esofagus, kandungan asam mundur sampai ke kerongkongan, kadang-kadang mencapai saluran pernapasan, yang dapat menyebabkan inflamasi (peradangan), kerusakan pada kerongkongan, paru-paru dan laring (kotak suara).

Proses keseluruhan secara medis disebut gastroesophageal reflux disease (GERD). Sebesar 10 persen dari penderita GERD pengembangkan Barret esofagus dan dapat meningkatkan risiko terkena kanker kerongkongan.

"Lambung kita kan kosong dalam waktu 6 jam atau 4 jam untuk makanan yang lebih ringan. Maka, setidaknya beri waktu lambung untuk mulai mencerna makanan, setidaknya lebih dari 1 jam setelah makan," ungkap dokter sekaligus Wakil Sekjen PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia).

Tapi bila Anda merasa sangat mengantuk, Dr Ari merekomendasikan beberapa cara sehat tidur usai sahur, yaitu:

1. Tidur 1-2 jam setelah makan
"Bila sahur jam 3-an, terus jangan langsung tidur. Kan bisa menunggu sampai adzan subuh, sekitar jam 5. Setelah itu Anda baru bisa tidur," jelas Dr Ari.

2. Tidur dengan bantal ditinggikan
Bila Anda tidur tanpa bantal, maka dikhawatirkan ada gaya gravitasi yang membuat makanan dari lambung berbalik arah ke kerongkongan.

3. Tidur setengah duduk (tidak berbaring) bila Anda sudah merasa sangat mengantuk
4. Tidak makan makanan yang sulit dicerna, seperti makanan berlemak. [sumber: health.detik.com]

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Jangan Langsung Tidur Sehabis Sahur. Berlangganan melalui email sekarang juga:


BACA JUGA LAINNYA:

33 Responses to "Jangan Langsung Tidur Sehabis Sahur"

  1. Selain bermanfaat bagi kesehatan, artikel di atas juga memotivasi kita untuk memanfaatkan waktu dengan baik. Agar kita tidak ketinggalan Subuh berjama'ah

    Salam ukhuwah

    BalasHapus
  2. postingan yang menarik dan bermanfaat, jadi tahu nih sob ... habis makan ternyata tidak baik langsung tidur ... makasih. Salam

    BalasHapus
  3. @BEDA: Bener sob,, Krn itu, maka kt disunnahkan mengakhirkan makan sahur... Salah ukhuwah kembali,

    @WARNA TULISAN: Terimakasih dah komen, salam,,,

    BalasHapus
  4. wee iya nih kadang aku sering tidur abis makan, ga cuma pas sahur, takut jg klo misalkan makanannya balik lg ke tenggorokan...

    BalasHapus
  5. @MAS KHOLIQ: Sama2 mas,,
    Ok, langsung ke TKP,

    @OEMPAK: Hehehe, ati2 aja sob jangan keseringan,, heheh

    BalasHapus
  6. wahhh.. bagus infonya pak.. saya habis sahur, langsung tidur.. bangunnya jam 12an.. hehe.... apa kabar pak..??

    BalasHapus
  7. untunglah aku habis sahur ngadepin komputer lagi..tidur ya jam 7 pagi ampe sore..jadi sehat dan ga kerasa kalo puasa...curang ya?..hahahahaha

    BalasHapus
  8. Padahal,.abis sahur,. aq nonton OVJ di Trans 7

    BalasHapus
  9. habis sahur nyantai dulu tunggu shubuh

    BalasHapus
  10. nice tips :)
    kalo ane sahurnya menjelang imsyak sekalian subuh..
    dan masih kenyang sampe sore he he..

    BalasHapus
  11. makasih banyak artikelnya nih, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  12. met berpuasa y
    salam hangat dari blue

    BalasHapus
  13. Betul tuh....habis sahur jangan tidur, nanti ketiduran lupa sholat subuh...

    BalasHapus
  14. wah saya setuju dengan point no 1 sob tepat banget kalo habis sahur langsung tidur bisa² subuh lewat soalnya males bangu lagi hehe
    trik yg hebat
    Sukses Slalu!

    BalasHapus
  15. neh dr sahur blm tidur sob.. skrng tidur dl ah.... makasih...

    BalasHapus
  16. inginnya sih memang habis sahur langsung tidur, namun ngga bisa takut kebablasan jadinya ya tidur di kantor sewaktu istirahat siang.

    BalasHapus
  17. @YAFI: Heheheh, tidur teruss tambah sehat nti,
    @BELANTARA: Wah curang tuh, heheheh
    Tetep jgn lupa shalat bro, :)
    @BELAJAR ILMU KOMP: Sama sama sahabat,
    @ARIES: Mantapp, heheh

    BalasHapus
  18. @ANAK NELAYAN: Ya, makanya kt semua disunnahkan utk mengakhirkan sahur supaya gk tinggal shalat shubuhnya, heheh
    @KOMENTAR KLASIK: Iyya sob, yg banyak skalian makan sahurnya, hehe
    @NARTI: Terimakasih sahabat,

    BalasHapus
  19. @BLUE: Ya, sama2 sahabat,,
    @KARTU KREDIT: Setuju sob!
    @BUNGLON BLOG: Hehehe, makanya udah bs triknya dapat pahala sunnah (sahur) lagi,,
    @NGEPAS: Selamat berlayar di pulau kapuk sob, hehe
    @BRI: Ya mas, terkadang kalo kt tidur sebelum shalat shubuh kebanyakan kebablasan deh, heheh

    BalasHapus
  20. lebih baik tidur setelah sholat subuh biar lebih tenang hehe

    BalasHapus
  21. hahaha, ini diya sob penyakit sy, ga mesti pas sahur, hari2 biasanya jg gt, habis makan tidur, sdh kaya ular sj, wkwkkw...trims bgt nih infonya, bs sdkt mengkondisikan keadaan ntr kl pas slese makan, hahaha....

    BalasHapus
  22. banyak juga tuuh yang habis sahur tidur lagi, terus bangun lagi sampai subuhnya kesiangan... padahal ada kenikmatan tersendiri bila habis sahur menunggu azan subuh tuk sholat berjamaah di masjid.

    BalasHapus
  23. Good posting sob, lagian kalo langsung tidur emang shubuhannya gmn?? sedangkan sholatkan rukun islam ke 2, mendingan tadarus aja biar ga ngantuk.....

    BalasHapus
  24. selamat menunaikan ibadah puasa sobat

    BalasHapus
  25. Sangat Informatif, kebiasaan saya mesti dirubah nih... thanks sahabat..

    BalasHapus
  26. ya nanti tambah gendut kalau tidur terus

    BalasHapus
  27. kalau aq g langsung tidur sehabis sahur

    BalasHapus
  28. Makasih mas amru atas infonya, sangat berguna sekali.... :-)

    BalasHapus
  29. tdk hny sahur.. setiap habis makan kenapa slalu terasa ngantuk

    BalasHapus
  30. wahhh...klo aq sih abiz sahur...online dulu sambil nunggu imsakiyah n adzan subuh... :)

    BalasHapus

Terimakasih atas komentarnya sahabatku semuanya. Jangan bosan-bosan berkunjung ke Amru Site ya...