5 Kebiasaan Bayi Saat Tidur

Jakarta, Melihat bayi tidur bisa jadi adalah pemandangan yang menenangkan, tapi tidak semua bayi bisa tidur dengan nyenyak. Beberapa bayi memiliki kebiasaan atau gangguan di dalam tidurnya.

Bagi orangtua baru beberapa kebiasaan bayi saat tidur seperti mengerang, merintih atau menendang tentu bisa membingungkan. Namun perilaku ini umumnya tidak berbahaya.

Dikutip dari Babycenter, Jumat (29/10/2010) ada 5 kebiasaan yang bisa dilakukan bayi saat tidur, yaitu:

1. Jeda bernapas
Jika diperhatikan, bayi bisa bernapas lebih cepat untuk sementara kemudian melambat dan bisa berhenti hingga 15 detik sebelum bernapas normal kembali.

Dokter biasanya menyebut dengan 'periodic breathing' dan merupakan hal yang umum terjadi pada bayi hingga berusia sekitar 6 bulan. Bayi yang prematur akan lebih sering mengalaminya. Jika tangan, kaki, dahi dan kulit sekitar mulut membiru, ada kemungkinan bayi mengalami kesulitan oksigen.

2. Mendengkur dan mendengus
Jika dengkuran atau suara mendengus yang dikeluarkan bayi memiliki irama teratur, maka tidak perlu dikhawatirkan. Kondisi ini biasanya karena si kecil mengalami hidung tersumbat.

Tapi jika dengkurannya ada jeda diikuti dengan napas terengah-engah kemungkinan ada semacam penyumbatan di saluran napasnya seperti dari amandel atau kelenjar gondok. Dan bisa juga bayi mendengkur karena alergi.

3. Berkeringat
Beberapa bayi berkeringat lebih banyak saat ia tidur, karena ia menghabiskan waktu lebih banyak dalam tahap terdalam tidurnya. Kondisi ini yang membuat bayi lebih cenderung berkeringat di malam hari dibanding orang dewasa atau anak-anak yang lebih tua.

Meskipun keringat adalah kondisi umum, tapi jika terlalu berlebihan bisa menunjukkan ada sesuatu yang salah. Misalnya terjadi infeksi, sleep apnea atau overheating yang dapat memicu sindrom kematian bayi mendadak (sudden infant death syndrome/SIDS) terutama jika si kecil menggunakan baju atau selimut berlapis-lapis.

4. Sering bergerak
Biasanya kebiasaan sering menggoyang atau menggerakkan badan saat tidur dimulai sekitar usia 6 bulan yang kadang disertai dengan membenturkan kepala. Gerakan ini adalah salah satu perilaku untuk menenangkan dirinya sendiri. Pada umumnya kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan selama tidak membahayakan keadaan si kecil.

5. Tidur sambil menggertak gigi
Sebagian besar bayi memiliki kebiasaan menggertak gigi saat tidur, kondisi ini paling sering terjadi saat bayi mendapatkan gigi pertamanya atau baru mendapatkan gigi permanennya.

Kemungkinan bayi melakukan ini karena ada sensasi dari gigi baru, rasa sakit akibat tumbuh gigi atau dari infeksi telinga dan bisa juga karena masalah pernapasan.

[http://www.detikhealth.com]

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari 5 Kebiasaan Bayi Saat Tidur. Berlangganan melalui email sekarang juga:


BACA JUGA LAINNYA:

2 Responses to "5 Kebiasaan Bayi Saat Tidur"

  1. makasih inponya, saia jadi pingin ngamatin .. nggak ada yang untuk experimen he he

    BalasHapus
  2. berguna banget entar kalo udah punya pacar, terus menikah terus punya bayi.. (masih 3 proses panjang wkwkwk) matur thank you inponya :D

    BalasHapus

Terimakasih atas komentarnya sahabatku semuanya. Jangan bosan-bosan berkunjung ke Amru Site ya...