7 Kiat Menjaga Password

Password merupakan kode-kode rahasia yang harus dijaga keamanannya. Banyak hal negatif yang dapat terjadi ketika password Anda bocor ke tangan orang lain. Simak 7 kiat singkat untuk menjaganya.

1. Tidak Menggunakan Default Password
Default password adalah password yang kita dapat pertama kali. Password standar ini sebaiknya memang harus cepat diganti lantaran sangat rentan. Pasalnya, default password dapat dicari dengan mudah di google search, bahkan di situ tercantum nama mesin, type dan default password terpampang dengan megah di beberapa situs vendor pembuatnya.

Terkadang administrator takut lupa dengan mengubah-ubah default password yang ada, sehingga seorang penyusup dapat mengambil alih sistem dengan default password.

2. Tidak Memakai Password Hint
Terkadang kita takut lupa dengan password yang sudah kita entry ke dalam sistem/account, sehingga kita perlu membuat sebuah pengingat bila kita lupa dengan password tersebut. Nah pengingat ini disebut password Hint, bila kita membuat pertanyaan dengan password hint ini maka dengan cepat kita dapat mengingat kembali password yang lupa tersebut.

Begitu juga dengan para hacker, mereka akan mencoba-coba dengan menebak password kita dengan berbagai pertanyaan di password hint, lama kelamaan password tersebut akan tertebak, bila pertanyaan yang tertera di password hint dapat dijawab oleh si penebak password.

3. Tidak Menuliskan Password
Pemilik password sering kali takut lupa dengan password yang telah dimasukkan, sehingga pemilik password akan menuliskan berbagai user id dan passwordnya ke dalam media lain seperti notebook, notepad, stickies (mac), password folder, buku, handphone dan lainnya.

Hal ini juga cukup rentan bocor. Mengapa rentan? Karena bila berbagai peralatan tersebut hilang, maka semua informasi tentang user id dan password tersebut cepat atau lambat akan diketahui oleh si pencuri peralatan/gadget yang hilang.

4. Menggunakan Password yang Kuat
Pemilik password seringkali menggunakan password yang pendek saja, kalau saja bisa lebih pendek dari 3 character maka user tersebut akan memberikan password yang pendek. Untung saja saat ini sistem memberikan panjang password minimal 6 karakter dan maksimal 254 karakter. Semakin panjang sebuah password maka akan semakin kuat keamanan password tersebut.

Password yang kuat dapat dibuat dengan kombinasi angka dan huruf bahkan berbagai karakter yang lain. Beberapa admin saat ini menggunakan password yang cukup panjang, ditambah dengan enkripsi seperti PGP key dan lainnya, sehingga cukup sulit untuk dapat menebak password tersebut.

5. Sering Mengubah Password
Pemilik password sebaiknya secara berkala mengubah password untuk autentikasi tersebut, semakin sering password berubah semakin baik, karena semakin sulit si penebak password menjebol account/system kita. Perubahan terhadap password tergantung si pemilik, bisa seminggu, sebulan, tiga bulan sekali dan lainnya. Asal si pemilik tidak lupa dengan password yang sudah diubah tadi.

6. Tidak Memakai Password Sama pada Beberapa Account
Pemilik password kadang sering lupa dan sering membuat account yang cukup banyak, sehingga mereka setiap membuat account baru menggunakan user id yang sama dan password yang sama, ini sangat rentan dan bahaya. Karena satu account tembus password ini, maka semua account akan dapat diambil oleh hacker tersebut.

7. Menggunakan Manajemen Password
Untuk membantu mengingatkan kembali berbagai password dan berbagai account, seringkali kita sangat kesulitan, tapi tidak perlu khawatir karena sudah banyak saat ini aplikasi untuk membantu menata password kita. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis dari internet maupun berbayar, sehingga berapapun account kita dan berapapun password kita dapat dengan mudah untuk diingat dan dibuka kembali, tentu saja untuk membukanya dengan metode enkripsi juga.
[sumber: detikinet.com]

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari 7 Kiat Menjaga Password. Berlangganan melalui email sekarang juga:


BACA JUGA LAINNYA:

22 Responses to "7 Kiat Menjaga Password"

  1. salam sahabat
    ehm bener juga mas amru ini sangat penting untuk yang memanage pasword ini yang sebenarnya agak susah mas good luck yach

    BalasHapus
  2. bener juga tuh.. password emang penting banget! tapi kadang yang punya password males dibuat panjang-panjang

    BalasHapus
  3. @Mbk Dhana:
    -> Salam kembali,, Iya, password memang sangat penting & sangat privat bagi kt semua mbk,
    @Return:
    -> Heheh, iya sob, kadang memang suka lupa sm password sendiri

    BalasHapus
  4. Thanks for infonya mas...

    Salam kenal, berkunjung buat nambah pengetahuan dan teman. 7 kiat menjaga pass sangat membantu kawan.

    Salam hangat...

    BalasHapus
  5. Punten...permisi...excuse me..tanpa bermaksud SPAM..

    Hanya ingin tukeran link...kebetulan link blog sobat sudah agak lama disimpan di blog saya..
    blog saya namanya bolehngeblog dan alamatnya di http://bolehngeblog.blogspot.com
    Saya ingin sekali punya banyak back link (kalau bisa segunung..hehehhe) dan PR tinggi (setinggi langit)..

    Terimakasih atas perhatiannya

    BalasHapus
  6. @D3nba9as:
    -> Sama2 sob, terimakasih jg udah comment :)
    @Dangsulaeman:
    -> Ok sob, langsung ke TKP,,
    @Bisnismu:
    -> Sama2 sob, salam blogger!

    BalasHapus
  7. thx banget nih tipsnya sobat,,,, jujur gak bisa dipungkiri kita membutuhkan pasword dan mesti dijaga baik2....

    BalasHapus
  8. pasword emank harus kita jaga seperti kita jaga diri kita :D
    lebay ya :p

    BalasHapus
  9. Thank's banget infonya kawan,,

    BalasHapus
  10. Wah tips yang bagys nich, kemarin Blog PIK Remaja juga ga bisa dibuka dengan pasword lama, terus aku ganti dengan password baru. padahal cuman ku tinggal beberapa minggu tidak nge-Blog

    BalasHapus
  11. saya punya bnyak account email , kira2 ada 12 an dan terkadang saya lupa dengan passwordnya sob . wkwkwkw

    thanks atas infonyaa ya sob :)

    BalasHapus
  12. saya punya account email sekitar 12 an dan terkadang saya lupa dengan pass nya . hahahahaha...

    thanks atas infonya sob :)

    BalasHapus
  13. paling bnyk yg tdk menjaga password dg baik adalah mereka yang baru buat email atau FB dg menggunakan tanggal lahir biar mudah diinget, walau terkadang kitapun sebetulnya tau password itu sangat penting dan vital. mngkn karena banyak urusan jadi lupa update password....termasuk saya jg merasa direpotin ama password yg bejibun...intinya aq setuju password harus dijaga dan hati2.

    BalasHapus
  14. Memang kadang kita perlu sesuatu yg rahasia salah satunya password demi keamanan

    BalasHapus
  15. kiat dan ilmu yang sangat bermanfaat sob, trimakasih sudah berbagi

    BalasHapus
  16. enkripsi mungkin paling aman, asalkan waktu decrypt ga lupa xexexe.. .kabuurr

    BalasHapus
  17. aku dah follow balik mas.......:)

    sukses trus ya......:)

    BalasHapus
  18. Tips untuk menjaga passwordnya bagus shob. Tapi kadang kalau kebanyakan password sukanya lupa mulu ... thanks

    BalasHapus
  19. seperti kata syahida saya setuju kalo punya passwrd jangan banyak2, jadi ga banyak lupa.

    BalasHapus
  20. makasih atas tipsnya mas amrusujud

    BalasHapus
  21. memang betul Password harus kuat walau terkadang kita juga suka lupa, btw makasih atas tipsnya sangat bermanfaat dan banyak membantu. Salam

    BalasHapus

Terimakasih atas komentarnya sahabatku semuanya. Jangan bosan-bosan berkunjung ke Amru Site ya...