Waspadai Aplikasi Pengintai di Facebook



Jakarta - Jejaring sosial populer seperti Facebook memang masih menjadi incaran favorit para penjahat cyber. Berhati-hatilah dengan phising scam terbaru melalui sebuah aplikasi jahat.

Di antara pengguna Facebook pasti ada yang pernah menemukan aplikasi semacam ini, yakni aplikasi pengintai yang mengklaim bisa memungkinkan pengguna mengetahui siapa yang melihat profil mereka.

Dilaporkan peneliti keamanan internet Zscaler, aplikasi ini mengarahkan pengguna ke situs bernama FB Stalker. Saat mengunjungi situs ini, pengguna akan bertemu dengan halaman login Facebook palsu.

Selanjutnya, seperti dikutip dari Softpedia, Kamis (9/5/2013), pengguna akan dijebak dengan metode phising. Di sini, pengguna akan diminta mengisi alamat email dan password. Cara phising ini juga dirancang untuk bisa mencuri pertanyaan rahasia dan jawabannya yang umumnya menjadi 'lapisan pagar keamanan' berikutnya.

Informasi lain yang dirilis Hackers News Bulletin menemukan jenis scam yang mirip. Yakni aplikasi yang mengklaim bisa mengetahui siapa yang melihat profil, mengelabui pengguna agar menginstal browser extension Flash Player. Celakanya, browser ini memungkinkan pelaku kejahatan cyber meretas akun Facebook dan memonitor aktvitas si korban.

Untuk menghindarinya, Anda tak perlu mengakses aplikasi atau website semacam itu. Jika terlanjur menjadiu korban, segera ganti password Facebook Anda. Jangan lupa juga untuk langsung remove browser extension yang diminta aplikasi tersebut jika Anda terlanjur menginstalnya.

[source: detik.com]

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Waspadai Aplikasi Pengintai di Facebook. Berlangganan melalui email sekarang juga:


BACA JUGA LAINNYA:

1 Response to "Waspadai Aplikasi Pengintai di Facebook"

Terimakasih atas komentarnya sahabatku semuanya. Jangan bosan-bosan berkunjung ke Amru Site ya...