Ciri-ciri Mie Tanpa Bahan Pengawet


Untuk menyiasati angka penjualan yang tidak selalu stabil, para penjual atau produsen mie terkadang menambahkan zat tambahan yang berfungsi sebagai pengawet. Tapi, jika pengwet tersebut terlalu banyak maka bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Karena itu Anda patut kritis melihat mie yang dijual baik di pedagang kaki lima atau gerai. Perhatikan beberapa hal penting berikut ini.


1. Warna
Ciri mie berbahan pengawet dan bahan pewarna adalah mie tampak kuning terang. Mie kuning biasanya hanya menggunakan telur sebagai pewarna kuning, warna nya pun hanya berupa kuning puucat. 

2. Perubahan Suhu
Mie dengan bahan pengawet berlebihan akan mempunyai masa penyimpanan lebih dari dua hari. Sementara mie yang alami akan berubah warnanya menjadi abu-abu kehitaman karena terkena udara dari sekelilingnya. Hanya bisa disimpan sehari dalam lemari es.

3. Mengembang



Perhatikan mie saat direbus, untuk mie segar tanpa tambahan zat pengawet lebih cepat mengembang dan naik ke permukaan. Hal ini menjadi dasar karakteristik mie yang memang mudah mekar bila terkena air panas. Mie berpengawet lebih berminyak dan keras.

4. Tekstur dan Rasa

Karena tidak menggunanakan bahan tambahan, tekstur dan rasa mie akan cepat berubah dengan paparan suhu berbeda. Mie segar yang disimpan dalam kulkas, teksturnya akan berubah menjadi kering dan jika didiamkan dalam waktu lama rasa akan berubah menjadi asam. 

[source: food.detik.com]

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Ciri-ciri Mie Tanpa Bahan Pengawet. Berlangganan melalui email sekarang juga:


BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Ciri-ciri Mie Tanpa Bahan Pengawet"

Posting Komentar

Terimakasih atas komentarnya sahabatku semuanya. Jangan bosan-bosan berkunjung ke Amru Site ya...