10 Virus Komputer Paling Mematikan yang Pernah Ada

Headline
Virus komputer menjadi momok menyebalkan sekaligus menakutkan bagi para pengguna komputer, baik itu desktop maupun laptop. Sekali terinfeksi maka berakibat fatal dan bakal memunculkan banyak dampak.

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain.
Kehadirannya dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer, tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu.

Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan.

How Stuff Work mencatat setidaknya ada 10 virus yang dapat digolongkan sebagai virus komputer terburuk sepanjang masa. Apa saja?

Melissa

Headline
Virus ini diciptakan oleh David L Smith pada musim semi 1999. Nama tersebut diambil dari nama penari erotis di Florida, AS.

Melissa menyerang melalui email dengan judul Ini Adalah Dokumen yang Anda Minta.Ketika terinfeksi, komputer akan mengirimkan kepada 50 daftar teratas kontak email.

Setelah melakukan penyelidikan, akhirnya FBI meringkus Smith dan pengadilan mengganjarnya dengan kurungan 20 bulan serta denda US$5.000.

ILOVEYOU

Headline
Setahun setelah virus Melissa reda, muncul virus baru yang menyebar via email dengan nama ILOVEYOU.

Pada email virus itu menggoda dengan judul subjek Ini Adalah Surat Cinta dari Pengagum Rahasia. Ketika komputer terinfeksi ILOVEYOU akan mengakibatkanfolder atau berkas menduplikasikan diri, menambah berkas ke regristi, data korban bocor (email), dan lain-lain.

Virus ini diyakini diciptakan oleh Onel de Guzman dan pihak berwenang mengklaim bahwa serangan ILOVEYOU menyebabkan kerugian hingga US$10 miliar.
The Klez Virus
Headline

Virus ini muncul pada akhir 2011. Dilihat dari variasinya yang menjangkit internet kala itu, The Klez Virus mampu bertahan hingga berbulan-bulan.

Virus ini menginfeksi korban juga melaluiemail dan direplikasikan kemudian ke daftar alamat email korban.
Beberapa varian The Klez Virus bisa membuat komputer terinfeksi gagal beroperasi dan bahkan bisa menonaktifkan deteksi dari scan antivirus.

Code Red dan Code Red II

Headline
Virus ini muncul di musim panas 2001 dan menyerang kerentanan Windows 2000 dan Windows NT. Code Red dan Code Red II lewat serangan DDoS juga tercatat pernah menyerang Gedung Putih.

Jika terinfeksi virus ini, maka komputer tak mematuhi pemiliknya. Orang yang menginfeksikan virus tersebut bisa mengendalikan komputer dan memanfaatkan untuk kejahatan.

Nimda

Headline
Satu lagi virus yang menyebar di tahun 2001, tepatnya pada September. Nimda termasuk worm yang menyebar dengan cepat di internet.

Target utama virus ini adalah server internet dan komputer rumahan. Tak hanya menyerang PC, waktu itu virus juga menyerang ponsel. Sebut saja CommWarrior dan Skulls Virus yang menyerang Symbian.

SQL Slammer/ Sapphire

Headline
Pada akhir Januari 2003, virus web server baru tersebar di internet. Banyak jaringan server yang tak siap.

Akibat serangan virus ini, layanan ATM Bank of America lumpuh. Maskapai penerbangan Continental Airlines pun terpaksa membatalkan penerbangan akibat sistem tiket elektronik dan check-in mengalami mati total.

Kerugian ditaksir mencapai US$1 miliar sebelum ditemukan pemecahan menangani virus SQL Slammer/ Sapphire.

MyDoom

Headline
MyDoom menyebar melalui email dan jaringan peer-to-peer. Menurut firma keamanan messageLabs, satu dari 12 email di tahun 2004, di kala virus ini menghebohkan dunia, mengandung MyDoom.

Sama seperti The Klez Virus, MyDoom sangat sulit melacak sumber infeksi.

Sasser dan Netsky

Headline
Diciptakan oleh pemuda 17 tahun asal Jerman bernama Sven Jaschan. Sasser menyerang kerentanan komputer Windows tanpa melalui email.

Ketika terinfeksi akan terhubung sistem dan mengunduh virus lain kemudian akan mendeteksi IP (internet protocol) secara acak dan menentukan korban selanjutnya.

Sedangkan Netsky menyebar via email (Windows) lewat berkas lampiran ‘22,016-byte’.

Sven Jaschan diringkus pihak berwajib dan diganjar kurungan satu tahun sembilan bulan. Hukuman ini terbilang ringan sebab sang pelaku masih berusia kurang dari 18 tahun.

Leap-A/ Oompa-A

Headline

Pada 2006, virus Leap-A virus atau juga dikenal sebagai Oompa-A menggunakan program pesan instan iChat untuk menyebarkan di komputer Mac yang rentan.

Setelah virus menginfeksi Mac, maka melalui daftar kontak iChat mengirimkan pesan ke setiap pengguna. Pesan berisi berkas rusak yang tampil dalam gambar berformat JPEG.

Virus ini memang tidak mengakibatkan kerusakan fatal, tapi menunjukkan komputer sekelas Mac pun, yang terkenal dengan sistem keamanannya yang kuat, bisa jebol.

Storm Worm

Headline
Firma keamanan Symantec menyebut virus ini dengan nama Peacomm, sementara McAfee menyebutnya sebagai Nuwar.

Storm Worm miliki banyak implikasi. Hackeratau peretas menggunakannya sebagai media pengirim spam. Beberapa versi Storm Worm mengubah komputer menjadi bot yang rentan di-remote jarak jauh. Storm Worm umumnya menyebar via email.

Jelang Olimpiade Beijing 2008, warga China pernah disesatkan dengan email berjudul ‘Bencana Mematikan China’ yang ternyata tersemat virus ini.
[source: http://teknologi.inilah.com]

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari 10 Virus Komputer Paling Mematikan yang Pernah Ada. Berlangganan melalui email sekarang juga:


BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "10 Virus Komputer Paling Mematikan yang Pernah Ada"

Posting Komentar

Terimakasih atas komentarnya sahabatku semuanya. Jangan bosan-bosan berkunjung ke Amru Site ya...