3 Kebiasaan Buruk dalam Berolahraga



Kondisi sehat dan bugar tidak dimiliki begitu saja, tetapi merupakan hasil dari pola hidup yang sehat termasuk menjalankan olahraga rutin. Menjalankan olahraga rutin sebenarnya bukan suatu hal yang sulit. Perubahan-perubahan kecil dalam kebiasaan sehari-hari dapat memberikan dampak besar bagi kesehatan secara menyeluruh.

Nah, untuk memulai perubahan untuk lebih rutin berolahraga, cobalah untuk menilik kebiasaan kita saat akan mencoba melakukan olahraga. Apakah kita masih sering melakukan kebiasaan buruk yang merugikan kesehatan?

Berikut ini tiga kebiasaan buruk yang perlu dihilangkan guna mendapatkan pola hidup yang lebih sehat, terutama untuk menjalankan olahraga rutin.

1. Berolahraga kalau lagi mood saja
Lelah setelah pulang bekerja seringkali dijadikan alasan untuk malas berolahraga. Padahal semakin sering kita melakukan sesuatu, maka semakin kita menyukainya. Itulah permulaan untuk membuat sebuah kebiasaan sehat. 

Semakin kita berpikir lelah untuk mulai melakukan sesuatu, maka semakin lelah kita. Bahkan dalam sebuah studi dalam Psychology Bulletin, para peneliti menemukan, lebih dari 90 persen peserta yang melakukan program olahraga rutin melaporkan adanya perbaikan dalam kemampuan mereka untuk fokus dan melawan lelah. Artinya, seharusnya lelah bukan alasan kita untuk tidak berolahraga, karena olahraga justru dapat mengusir lelah.

2. Melupakan akhir pekan
Kebanyakan orang yang melakukan pola hidup sehat menjadikan akhir pekan sebagai cheat daymereka. Meskipun cheat day tetap diperlukan untuk menambah semangat menjalani pola hidup sehat, namun perlu ada batasan.

Bukan berarti saat cheat day, kita melupakan semua kebiasaan sehat yang sudah dibangun sebelumnya. Saat akhir pekan lah, justru kita bisa berolahraga lebih leluasa dan variatif. Cobalah untuk berolahraga di ruang terbuka. Selain membuat sehat, olahraga di ruang terbuka akan menjadi pengalaman menarik tersendiri karena belum tentu setiap hari kita bisa melakukannya.

3. Terpengaruh teman
Berada di lingkungan yang tidak mendukung rasanya memang sulit untuk menciptakan pola hidup sehat untuk diri sendiri. Bahkan, sebuah studi jangka panjang dalam New England Journal of Medicinemenemukan, orang cenderung akan menjadi obesitas ketika lingkungannya dipenuhi orang-orang yang obesitas juga. 

Namun, selama ada niat dari kita untuk mau mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, kita justru mampu mempengaruhi lingkungan. Cobalah untuk datang ke kelas kebugaran bersama seorang teman, dan buat komitmen untuk saling membantu melawan pola hidup tidak sehat. Sebuah penelitian menunjukkan, melakukan pola hidup sehat bersama rekan akan memperbesar kesempatan untuk berhasil.
[source: http://health.kompas.com]

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari 3 Kebiasaan Buruk dalam Berolahraga. Berlangganan melalui email sekarang juga:


BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "3 Kebiasaan Buruk dalam Berolahraga"

Posting Komentar

Terimakasih atas komentarnya sahabatku semuanya. Jangan bosan-bosan berkunjung ke Amru Site ya...