Foto : Jembatan Kayu Sepanjang 1.200 Meter di Myanmar yang Sangat Unik

Sore hari di Jembatan U Bein (MyanmarBurma.com)
Myanmar punya sebuah jembatan kayu yang super panjang, 1.200 meter. Di jembatan ini, wisatawan bisa menikmati indahnya danau sekaligus menyelami sejarah jembatan unik ini.

Jembatan U Bein yang terletak dekat kota bersejarah Burma, Amarapura, membentang sepanjang 1.200 meter di Danau Taungthaman. Seperti dilansir dari situs MyanmarBurma.com, Rabu (31/7/2013) jembatan tersebut merupakan jembatan kayu jati yang terpanjang dan tertua di dunia.





Dibangun pada pertengahan 1800 oleh penguasa wilayah U Bein dengan bahan kayu jati yang berasal dari tiang bekas istana lama. Peristiwa itu terjadi ketika pemimpin saat itu, Raja Mindon, memutuskan untuk memindahkan ibukota ke Mandalay.

Seiring waktu, beberapa pilar kayu telah digantikan dengan pilar beton untuk memperkuat struktur jembatan. Tujuannya agar jembatan dapat terus berfungsi untuk menunjang kehidupan penduduk lokal, sekaligus menjadi tempat tujuan wisata.

Amarapura dibangun pada Mei 1783 sebagai ibukota dari Dinasti Konbaung. Ibukota berada di sana hingga tahun 1857, ketika Raja Mindon mulai membangun ibukota baru di Mandalay, 11 kilometer ke arah Utara dari Amarapura.

Dikarenakan keuangan negara yang menipis sebagai akibat dari perang kedua Anglo-Burma pada 1852, Mindon memutuskan untuk menggunakan kembali material dari Amarapura dalam pembangunan di Mandalay. Istana kerajaan lama dibongkar dan dipindahkan oleh gajah ke lokasi baru.

Tembok kota diturunkan dan dijadikan bahan material untuk jalan dan jalur kereta. Sedangkan kayu sisa dari istana dan kuil dijadikan bahan baku bangunan dan jembatan. Tertarik untuk menapaki jembatan kayu tertua dan terpanjang ini?


[source: http://travel.detik.com]

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Foto : Jembatan Kayu Sepanjang 1.200 Meter di Myanmar yang Sangat Unik. Berlangganan melalui email sekarang juga:


BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Foto : Jembatan Kayu Sepanjang 1.200 Meter di Myanmar yang Sangat Unik"

Posting Komentar

Terimakasih atas komentarnya sahabatku semuanya. Jangan bosan-bosan berkunjung ke Amru Site ya...