Misteri Asap Merapi dan 1.000 Hari Wafatnya Mbah Maridjan



Jumat pekan lalu, warga Kinahrejo, Cangkringan Sleman memperingati seribu hari wafatnya juru kunci Merapi, Mbah Maridjan atau Suraksohargo bersama warga Kinahrejo yang meninggal saat erupsi pertama 2010 lalu.

Peringatan 1.000 hari ini berdasarkan perhitungan penanggalan Jawa jatuh pada hari Jumat kemarin. Ratusan warga Kinahrejo termasuk istri Mbah Maridjan dan anak Mbah Maridjan, Mas Lurah Suraksosihono atau Asihono turut serta melakukan doa bersama di bekas petilasan rumahnya.

Munculan kepulan asap setinggi 1.000 meter, Senin (22/7/2013) di pagi hari disertai hujan abu, ada warga yang mengaitkan peristiwa itu dengan peringatan 1.000 hari meninggalnya warga lereng Merapi saat erupsi 3 tahun lalu.

"Kami sekeluarga sempat khawatir setelah subuh terjadi hujan abu. Kami sempat pergi mengungsi hingga daerah Manisrenggo," kata Iswanto warga Kemalang Klaten.

Menurut Iswanto sebelum hujan abu atau saat sahur menjelang subuh, sempat terdengar suara gemuruh dari puncak. Warga langsung keluar rumah dan mulai bersiap mengungsi.

"Asapnya pekat, coklat agak kemerahan tapi tidak seperti peristiwa tahun 2010 lalu yang disertai kilatan api ke atas," katanya.

Iswanto menganggap peristiwa tadi pagi ada kaitannya dengan 1.000 hari meninggalnya warga Merapi saat erupsi pertama pada akhir bulan Oktober 2010. Dirinya baru menyadari setelah turun hingga di daerah Manisrenggo di rumah salah satu keluarganya.

"Ini bisa saja menjadi pertanda alam saja. Lagi pula siklus Merapi kan 3-5 tahunan. Tapi saya percaya ini ada kaitannya antara dua peristiwa itu. Peristiwa itu bisa menjadi pertanda agar kita tetap waspada," kata Iswanto yang juga berprofesi sebagai guru ilmu kebatinan itu.

[source: http://news.detik.com]

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Misteri Asap Merapi dan 1.000 Hari Wafatnya Mbah Maridjan. Berlangganan melalui email sekarang juga:


BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Misteri Asap Merapi dan 1.000 Hari Wafatnya Mbah Maridjan"

Posting Komentar

Terimakasih atas komentarnya sahabatku semuanya. Jangan bosan-bosan berkunjung ke Amru Site ya...