3 Bank Terkaya di Dunia

Bank merupakan sebuah lembaga keuangan yang sangat penting dan aman untuk menyimpan uang. Dengan kemajuan teknologi dan perkembangan bisnis sekarang ini, fungsi bank sangatlah penting sehingga banyak bermunculan bank-bank di dunia. Keberadaan bank tidak terlepas dari adanya nasabah dan juga tingkat perekonomian suatu negara. Berikut ini adalah 3 bank terkaya di dunia berdasarkan jumlah total aset yang dimilikinya.


1. Industrial and Commercial Bank of China
Industrial and Commercial Bank of China

Sejak didirikan, Industrial & Commercial Bank of China dikenal sebagai salah satu bank terbesar di dunia berdasarkan keuntungan dan kapitalisasi pasarnya. Bank ini didirikan sebagai perusahaan terbatas pada tanggal 1 Januari 1984. Bank ini juga tercatat sebagai anggota Big Four di China, yaitu Bank of China, Bank Pertanian China, dan China Construction Bank.


Lembaga keuangan ini telah mempekerjakan sekitar 394 ribu orang. Seluruh pegawainya tersebar di 18 ribu outlet domestik dan sekitar 106 cabangnya di luar negeri. Industrial & Commercial Bank of China pernah sekali memimpin deretan perusahaan milik negara terbesar di dunia versi Forbes. Data per 31 Maret 2012, Bank ini mencatatkan total nilai aset sebesar US$ 2,607 triliun. Di tahun 2013 ini, data terakhir yang dicatat menunjukkan bahwa bank ini memiliki aset senilai 2,811.34 dolar.


2. HSBC Holdings
Bank HSBC

HSBC Holdings P.L.C. adalah sebuah perusahaan jasa keuangan Inggris yang berdiri pada tahun 1865 dan berkantor pusat di London, tepatnya di menara HSBC, London, sebuah bagian dari pengembangan Canary Wharf di London Docklands. Saat ini perusahaan ini telah beroperasi di 85 negara yang meliputi Afrika, Asia, Eropa, Amerika Utara dan Amerika Selatan. HSBC memiliki 7, 200 cabang di seluruh dunia yang melayani 89 juta pelanggan di seluruh dunia.


Di Indonesia, bank ini terhitung adalah bank tertua, mulai hadir di Jakarta sejak tahun 1884. HSBC menyediakan layanan keuangan yang komprehensif untuk sekitar 100 juta pelanggan melalui empat kelompok pelanggan dan bisnis global yaitu: Jasa Keuangan Pribadi (termasuk pembiayaan konsumen), Commercial Banking, Global Banking dan Pasar, dan Private Banking. Data per bulan Maret 2012, bank ini telah membukukan aset senilai US$ 2,637 triliun. Sekarang (tahun 2013) nilai aset perusahaannya tercatat sebesar 2,692.54 dolar.


3. Deutsche Bank
Deutsche Bank

Deutsche Bank AG atau “Bank Jerman” merupakan sebuah perusahaan perbankan dan jasa keuangan global asal Jerman yang berpusat di Frankfurt, Jerman. Bank yang berasal dari Jerman ini telah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu, dan mempekerjakan ratusan ribu orang di seluruh dunia. Di Indonesia, bank ini telah berdiri sejak tahun 1969 dan memiliki 300 staf profesional di dua cabang, Jakarta dan Surabaya. Dengan cabang-cabang yang dibangun di negara-negara di dunia, Deutsche Bank sempat menempati posisi pertama dengan kepemilikan aset paling besar sebelum disaingi oleh Industrial and Commercial Bank of China dan HSBC.


Bank yang berbasis di Jerman ini telah berubah selama lima tahun terakhir. Perusahaan ini telah keluar dari sebuah organisasi sentris di Jerman ke sektor ritel dan komersial, tumbuh lebih baik untuk bank investasi global. 

Berdasarkan data dari BankerAccuity, Deutsche Bank memiliki total asset US$m 2,804,332. Di tahun 2013 ini, data terakhir yang dicatat menunjukkan bahwa bank ini memiliki aset senilai 2,665.40 dolar. Terkait isu pemilu tentang penggelapan pajak di Jerman setelah kejadian Uli Hoeness, Presiden Bayern Munich, sebuah klub sepak bola di Jerman yang terbukti menghindari kewajibannya membayar pajak, bank ini mengambil kebijakan tegas. Kebijakan tersebut yaitu Deutsche Bank tidak akan melayani bisnis pendanaan bagi nasabah yang terbukti melakukan penghindaran pajak dengan cara memegang aset dalam bentuk rekening asing yang dikelola oleh bank di luar Jerman.

[source: http://forum.kompas.com]

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari 3 Bank Terkaya di Dunia. Berlangganan melalui email sekarang juga:


BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "3 Bank Terkaya di Dunia"

Posting Komentar

Terimakasih atas komentarnya sahabatku semuanya. Jangan bosan-bosan berkunjung ke Amru Site ya...