Awas! Salah Pilih Sepatu, Kaki Bisa Berubah Bentuk



Pernahkah Anda membeli sepatu yang sebenarnya tak muat tapi dipaksakan karena modelnya yang bagus? Jika ya, maka sebaiknya jangan digunakan lagi dalam jangka waktu yang lama. Menurut pendapat dokter, kebiasaan ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan kaki.

"Kalau pakai sepatu yang kekecilan kakinya lama-lama bisa mengecil dan bentuknya jadi seperti cakar ayam. Selain itu sumbu tubuh juga terpengaruh, risikonya keseimbangan tubuh terganggu sehingga mudah jatuh," papar dr Haidir Suleiman, MM, SpRM, yang saat ini praktik di Departemen Rehabilitasi Medik RS Puri Indah saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (14/8/2013).

Bahkan selain mengubah bentuk telapak kaki dan mengganggu keseimbangan tubuh, menurut dr Haidir penggunaan sepatu yang ukurannya terlalu kecil dalam jangka panjang juga bisa menimbulkan efek kaki yang menjadi mudah kram.

Sedangkan menurut dr Meidy H Triangto, Sp.KFR, selain harus memperhatikan ukuran yang pas, saat membeli dan memilih sepatu sebaiknya perhatikan juga berat dan tinggi dari sepatu atau sandal tersebut. Mengapa demikian?

"Fungsi alat kaki kan pada dasarnya untuk melindungi kaki, jadi sebisa mungkin jangan pakai alas kaki yang justru memberatkan kaki. Sebab setiap 100 gram berat alas kaki yang dipakai, kita membutuhkan tambahan energi sebesar 1 persen," ujar dr Meidy yang kini aktif praktik di Kid's Foot Rehabilitation Center RS Mitra Keluarga Kelapa Gading kepada detikHealth.

Menurutnya, aturan tersebut diterapkan oleh beberapa produsen sepatu olahraga. Jika Anda perhatikan, sepatu beberapa cabang olahraga seperti misalnya sepatu basket umumnya memiliki bagian alas yang lebih tinggi dari sepatu biasa karena atletnya dipastikan sering melompat. Selain itu, sepatu tenis juga pada bagian kiri dan kanannya lebih kuat karena atletnya dia sering bergerak ke samping.

Saran dari dr Meidy saat memilih sepatu, usahakan ujung depan sepatu sudah membentuk sudut 30 derajat saat diangkat. Sehingga saat dipakai untuk berjalan, pergerakan 'toe off'-nya sudah dibantu oleh sepatu tersebut. Pilihlah juga sepatu dengan bahan yang lembut. Akan lebih baik jika bagian dalamnya menggunakan bahan kulit yang dilapisi kain lembut.

"Yang paling penting, pilih alas kaki yang ringan, tidak terlalu pas (sedikit longgar) dan bahannya tidak membuat kaki lecet," tegas dr Meidy.

[source: http://health.detik.com/read/2013/08/14/155717/2329710/775/awas-salah-pilih-sepatu-kaki-bisa-berubah-bentuk-lho?l992203755]

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Awas! Salah Pilih Sepatu, Kaki Bisa Berubah Bentuk. Berlangganan melalui email sekarang juga:


BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Awas! Salah Pilih Sepatu, Kaki Bisa Berubah Bentuk"

Posting Komentar

Terimakasih atas komentarnya sahabatku semuanya. Jangan bosan-bosan berkunjung ke Amru Site ya...