Bali Masih Lebih Bagus Dibanding Phuket

time.nitrod.com
Bali masih lebih bagus dibandingkan Phuket yang notabene merupakan salah satu saingan Bali dalam bidang pariwisata, selain Hawai dan Jeju tentunya. Buktinya, Bali hingga kini masih memimpin sebagai destinasi wisata terfavorit di Asia Tenggara. Popularitas Pulau Dewata ini tentu saja berhasil mengalahkan Phuket, Thailand, selama 5 tahun terakhir. Wisata di Pulau Bali mengalami pertumbuhan kunjungan sebesar 8 persen dengan lebih dari 2,7 juta orang (khusus wisata asing). 

Peningkatan yang dialami Bali tersebut menghilangkan kesenjangan antara dua tujuan wisata favorit ini (Bali dan Phuket) dan menjadikan mereka sebagai rival yang saling berhadapan. Wow. Sayangnya, masalah infrastruktur juga ikut berkontribusi terhadap perlambatan tingkat pertumbuhan industri pariwisata di Bali.

Meskipun unggul, menurut riset Horwarth HTL Asia, Bali tetap harus waspada dan berbenah diri. Pasalnya, meskipun Phuket di bawah bayang-bayang Bali, kawasan wisata ini mengalami pertumbuhan susbtansial pasca-terpaan isu politik. Pertumbuhannya pada 2010 tercatat sebesar 44 persen lebih tinggi ketimbang 2009 dan dilanjutkan pada 2011 yang menguat 30 persen.

Riset Horwarth ini juga menunjukkan pertumbuhan pembangunan fasilitas akomodasi (perhotelan) yang begitu pesat telah berkontribusi terhadap turunnya tingkat hunian sebesar 5 persen dari Juni 2012 menjadi 69 persen pada pada periode yang sama tahun ini. Sementara rerata tarif kamar harian (average daily rate/ADR) justru meningkat 5% secara year on year menjadi 137 USD (Rp 1,4 juta).

Secara regional, tingkat hunian tertinggi dicapai wilayah Kuta dan Pantai Selatan Bali lainnya seperti Tuban, Legian, dan Seminyak. Disusul kemudian oleh Nusa Dua dan Tanjung Benoa. Nusa Dua dan Tanjung Benoa dikenal sebagai daerah resort dengan kepadatan tinggi. Sementara daerah lain seperti Ubud, masih sedikit terisolasi, dengan akses yang relatif lebih sulit dijangkau dan masih sepi dari pembangunan hotel. Dengan demikian, Ubud cenderung masih dipandang sebagai daerah tujuan khusus tambahan.

Hasil riset tersebut setidaknya menunjukkan bahwa pulau kebanggaan kita, Bali, masih banyak diminati oleh wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Asalkan kita masih mau menjaga toleransi antar umat beragama dan juga menjaga kebersihan di Pulau Dewata ini, tak menutup kemungkinan Bali akan semakin dikenal luas di seluruh dunia, bukannya malah semakin tenggelam dan tak dikenal lagi. Kalau menurut kalian, bagusan mana nih Bali sama Phuket?

[sumber : kompas.com]

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Bali Masih Lebih Bagus Dibanding Phuket. Berlangganan melalui email sekarang juga:


BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Bali Masih Lebih Bagus Dibanding Phuket"

Posting Komentar

Terimakasih atas komentarnya sahabatku semuanya. Jangan bosan-bosan berkunjung ke Amru Site ya...