Daftar Penyakit yang Banyak 'Mengancam' Saat Lebaran



Di saat merayakan Hari Raya Lebaran, tak jarang orang yang justru harus melewatinya dalam kondisi sakit. Penurunan kesehatan ini tak hanya datang akibat kesalahan pola makan saat puasa, tetapi juga akibat beberapa makanan yang terdapat saat lebaran. Apa sajakah penyakit yang mengancam di saat Lebaran tersebut?

"Contoh penyakit yang sering dikeluhkan saat lebaran antara lain asam urat. Penyakit ini umumnya bisa kambuh karena terlalu banyak makan jeroan, daging, santan, dan minyak. Semua jenis makanan ini jika terlalu banyak dikonsumsi bisa membuat sakit pada sendi," tutur dr Titi Sekarindah, MS, SpGK, pakar gizi Rumah Sakit Pusat Pertamina saat dihubungi detikHealthdan ditulis pada Rabu (31/7/2013).

Selain itu, dr Titi juga menyebutkan bahwa makanan seperti itu juga bisa meningkatkan kadar trigliserida atau kolesterol. Sedangkan penyebab penyakit lain juga disebutkan oleh dr Titi adalah jika terlalu banyak makan makanan manis, misalnya dari kue kering yang banyak disajikan saat berkunjung ke rumah sanak saudara.

"Keju atau telur yang terdapat dari bahan pembuat kue tersebut juga mengandung lemak. Perlu diingat juga jika memang dari awalnya sudah diketahui memiliki sakit asam urat, maka memang sebaiknya tidak terlalu banyak makan gorengan dan santan saat Lebaran," terang dr Titi.

Sedangkan untuk orang dengan diabetes, sebaiknya batasi juga mengonsumsi makanan dan minuman manis. Jika memang ingin minum sirop, maka disarankan untuk membatasinya hanya dengan minum cukup satu gelas saja. Jika memang dirasakan masih haus, maka lebih baik perbanyak minum air putih saja. Yang penting, setiap orang sebaiknya mengetahui masing-masing penyakitnya agar bisa lebih waspada saat Lebaran.

Pernyataan dr Titi juga diamini oleh DR dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH. Menurut dr Ari, saat Lebaran umumnya akan terjadi penurunan kondisi kesehatan seperti kambuhnya hipertensi dan asam urat. Bagi seseorang dengan diabetes, maka sangat mungkin hari itu kadar gula darahnya akan naik. 

"Selain penyakit kronis tersebut, penurunan kesehatan juga bisa menimbulkan kelelahan dan alergi. Kondisi alergi yang biasanya juga menimbulkan gatal-gatal ini sangat bergantung pada cuaca dan kondisi air," tutur dr Ari, yang saat ini aktif sebagai spesialis di Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM.

Sedangkan menurutnya, penyakit yang paling perlu diwaspadai dan paling sering menyerang saat Lebaran adalah diare. Diare biasanya sering muncul karena terlalu banyak makan makanan bersantan dan lemak secara berlebihan. Bukan tak mungkin juga selama proses memasak di rumah sanak saudara mungkin ada bahan yang terkontaminasi sehingga memicu munculnya diare.

[source: http://health.detik.com]

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Daftar Penyakit yang Banyak 'Mengancam' Saat Lebaran. Berlangganan melalui email sekarang juga:


BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Daftar Penyakit yang Banyak 'Mengancam' Saat Lebaran"

Posting Komentar

Terimakasih atas komentarnya sahabatku semuanya. Jangan bosan-bosan berkunjung ke Amru Site ya...