Sejarah Indonesia di Piala Dunia Perancis 1938



Siapa yang menyangka kalau Indonesia yang sepanjang sejarah penjajahan Belanda mengalami penderitaan, menyisakan secuil kisah yang cukup membanggakan. Ya, Indonesia berhasil menembus Piala Dunia (World Cup) di Perancis tahun 1938 silam.


Kala itu, Indonesia masih memakai nama East Indies (Hindia Timur). East berarti timur, Indies berarti Hindia. Sayang, sejarah pun mencatat hanya ada empat pesepak bola pribumi yang masuk skuad Indonesia di Piala Dunia 1938 yakni Bing Mo Heng (kiper), Suwarte Soedarmadji, Anwar Sutan, dan Achmad Nawir (kapten). Sisanya merupakan pemain dari Negeri Belanda seperti Dorst, Frans Hukon, Frans Meeng, G Faulhaber, G van den Burgh, Henk Sommers, dan lain-lain.

Di Piala Dunia 1938 tersebut, terdapat 18 tim termasuk Indonesia (East Indie) dan Belanda dan pertandingannya menggunakan sistem gugur. Sayang, di babak pertama sistem gugur, Indonesia sudah harus bertemu lawan kuat yakni Hungaria (runner-up) dimana Indonesia langsung kalah telak. Sementara Belanda juga mengalami kekalahan dari Cekoslovakia.

Piala Dunia kali ini dimenangkan oleh Italia yang mengalahkan Hungaria di Final. Sementara tempat ketiga diperoleh Brazil setelah mengalahkan Swedia.


Pengalaman Indonesia (yang masih memakai nama East Indie) di Piala Dunia Perancis memang hanya berlangsung 90 menit. Namun bagi FIFA, itu sudah cukup menjadi bukti bahwa Indonesia sudah pernah ikut berpartisipasi di Piala Dunia sebagai Tim pertama dari Asia. Namun setelah itu Indonesia tidak pernah lagi ikut Piala Dunia, termasuk kala Indonesia Gagal Lolos ke Piala Dunia Gara-Gara Israel. sehingga Indonesia menjadi satu-satunya tim yang pernah bermain hanya satu kali di Piala Dunia FIFA.

Jadi jikalau Indonesia suatu saat nanti kembali lolos ke Piala Dunia, maka FIFA akan menganggapnya sebagai penampilan kedua setelah yang pertama tahun 1938 di Perancis.


[source: http://forum.viva.co.id/sejarah/1071518-sejarah-indonesia-di-piala-dunia-perancis-1938-a.html]

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Sejarah Indonesia di Piala Dunia Perancis 1938. Berlangganan melalui email sekarang juga:


BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Sejarah Indonesia di Piala Dunia Perancis 1938"

Posting Komentar

Terimakasih atas komentarnya sahabatku semuanya. Jangan bosan-bosan berkunjung ke Amru Site ya...