Asal Mula Nama Jalan Medan Merdeka



Jalan Medan Merdeka saat ini tengah dalam penggodokan untuk diubah menjadi Jalan Soekarno , Hatta, dan Soeharto. Nama Medan Merdeka ternyata memiliki sejarah panjang.

Medan Merdeka sebelumya bernama Koningsplein Veld atau jalan Lapangan Raja. Pada masa kolonial, kawasan Medan Merdeka telah menjadi pusat pemerintahan.

Saat Indonesia merdeka, Presiden Soekarno ingin melenyapkan semua hal yang berbau kolonial. Semua jalan yang masih menggunanakan nama Belanda diubah oleh Soekarno.

"Soekarno ingin Indonesia itu punya simbol untuk menyemangati. Apapun yang berbau Belanda diganti olehnya, termasuk nama jalan Lapangan Raja yang diganti menjadi Medan Merdeka," ujar sejarawan JJ Rizal saat berbincang dengan detikcom, Minggu (1/9/2013).

Alasan pemilihan nama Medan Merdeka oleh Soekarno berdasarkan pertimbangan yang sangat luhur. Presiden pertama Indonesia itu ingin mengobarkan semangat kemerdekaan kepada seluruh rakyat. Akhirnya nama Medan Merdeka dipilih untuk menggantikan nama jalan sebelumnya.

"Soekarno punya prinsip bahwa kota yang baik itu kota yang harus memberikan keteladanan. Nama Medan Merdeka itu menyiratkan kenapa kita mesti merdeka," jelas Rizal.

Soekarno memberi nama jalan Medan Merdeka tak lama setelah ikrar kemerdekaan. Saat itu dia menginginkan Indonesia secepatnya lepas dari bayang-bayang kolonial.

"Zaman Soekarno itu tantangannya bagaimana menghapus jejak kolonialisme, sehingga nama jalan harus mencerminkan nasionalisme," pungkas Rizal.


[souce: http://news.detik.com/read/2013/09/01/143212/2346221/10/ini-asal-muasal-penamaan-jalan-medan-merdeka?991101mainnews]

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Asal Mula Nama Jalan Medan Merdeka. Berlangganan melalui email sekarang juga:


BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Asal Mula Nama Jalan Medan Merdeka"

Posting Komentar

Terimakasih atas komentarnya sahabatku semuanya. Jangan bosan-bosan berkunjung ke Amru Site ya...