Gara-Gara Komputer Bocah Ini Berpenghasilan 290 Milyar



Namanya Nicholas D’Aloisio-Montilla atau lebih akrab disapa Nick D’Aloisio. Usianya baru saja menginjak 17 tahun. Seperti remaja lain seusianya, aktifitas Nick tidak jauh dari bermain, bersekolah, dan bermain komputer. Dari penampilan, tidak ada yang istimewa dari Nick.

Tetapi Nikc tidak seperti kebanyakan remaja lain. Lelaki kelahiran London 1 November 1995 ini telah menjadi seorang milyader. Bukan dari pemberian orang tua, bukan warisan, bukan juga menang lotere. Uang milyaran itu diperoleh dari hasil kercerdasan dan kerja kerasnya mengotak-atik komputer.

Nick memperoleh 30 juta USD atau sekitar 290 milyar rupiah dari Yahoo atas Summly, sebuah aplikasi hasil karya Nick sendiri. Summly adalah aplikasi dengan algoritma canggih yang mampu meringkas berita panjang dalam jaringan internet (daring) menjadi tiga paragraf pendek hingga mudah dibaca di layar smartphone.

Nick bukan saja memperoleh uang yang sangat banyak, perusahaan mesin telusur Yahoo itu juga memberikan Nick hak sejumlah saham.

Summly mempermudah pengguna smartphone untuk mencari topik utama berita lebih cepat dan mudah. Selain itu aplikasi ini juga mempermudah penguna membaca artikel berita dengan hasil ringkasan teks lebih pendek dari pada teks asli, tanpa harus membaca artikel berita seluruhnya.

Penemuan aplikasi ini diperoleh Nick berawal dari rasa putus asa ketika mengerjakan tugas sekolah untuk mata pelajaran sejarah pada April 2011. Nick bingung dengan banyaknya artikel basi yang ada saat mencari di internet. Disaat seperti itu muncul pikiran untuk membuat sebuah aplikasi yang mampu mengatasi hal seperti yang sedang ia hadapi.

Pada tahun 2011, mulailah Nick mengotak-atik komputernya untuk membuat aplikasi disaat usianya 15 tahun. Meja belajar yang berada di kamarnya menjadi saksi sejarah proses pembuatan aplikasi tersebut. Setelah jadi Nick memberi nama aplikasinya Trimit. Sementara Summly adalah inovasi dari Trimit yang diluncurkan setahun kemudian.


[source: http://forum.viva.co.id/iptek/1205269-gara-gara-komputer-bocah-ini-berpenghasilan-290-milyar.html]

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Gara-Gara Komputer Bocah Ini Berpenghasilan 290 Milyar. Berlangganan melalui email sekarang juga:


BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Gara-Gara Komputer Bocah Ini Berpenghasilan 290 Milyar"

Posting Komentar

Terimakasih atas komentarnya sahabatku semuanya. Jangan bosan-bosan berkunjung ke Amru Site ya...