Misteri Hilangnya Lukisan da Vinci Terungkap

 Lukisan davinci yang hilang ditemukan di swiss
Lukisan davinci yang hilang ditemukan di swiss
Lukisan berusia 500 tahun tentang seorang perempuan dari era Renaissance ini sempat menjadi mitos di kalangan sejarawan karena sudah terlalu lama hilang. Namun, misteri keberadaan lukisan karya Leonardo da Vinci tersebut akhirnya terungkap juga.

Lukisan mengenai wanita bangsawan bernama Isabella d’Este itu ditemukan di bank di Swiss di antara 400 koleksi pribadi sebuah keluarga di Italia yang tak mau disebutkan namanya.

Lukisan ini melengkapi sketsa yang dibuat Leonardo da Vinci di Mantua, wilayah Lombardy, utara Italia pada 1499. Sketsa itu kini tergantung di Museum Louvre, Paris.

Selama berabad-abad, para pakar berdebat apakah Leonardo benar-benar punya waktu dan kemauan untuk menyelesaikan sketsa yang dia buat tersebut menjadi lukisan. Perdebatan ini wajar saja, sebab sang maestro sangat sibuk menyelesaikan sejumlah lukisan besar kala itu.
Alkisah, wanita bangsawan itu sempat menyurati Leonardo untuk meminta sang maestro menyelesaikan sketsa gambar itu menjadi lukisan penuh. Namun, tak lama setelah itu Leonardo sibuk menyelesaikan The Battle of Anghiari di dinding balai kota Florence. Kemudian tahun 1503, Leonardo mulai melukis Mona Lisa.

Sejarawan seni selama ini menduga Leonardo kehabisan waktu atau tak berminat untuk merampungkan karyanya atas potret Isabella d’Este. Rupanya, Leonardo benar-benar menyelesaikan sketsa Isabella d’Este menjadi lukisan utuh.

Carlo Pedretti, profesor sejarah seni dan pakar studi Leonardo di University of California, Los Angeles menegaskan, lukisan itu benar-benar karya Leonardo. Hal ini didasarkan pada serangkaian tes ilmiah pada lukisan cat minyak tersebut.
"Tak diragukan lagi. Saya bisa langsung mengenali hasil kerja da Vinci, khususnya di bagian wajah wanita itu," kata dia.

Uji ilmiah ini menunjukkan bahwa tipe pigmen di lukisan itu sama seperti yang digunakan Leonardo. Uji karbon juga menunjukkan bahwa 95 persen lukisan ini dibuat antara tahun 1460 hingga 1650.
[source: http://dunia.news.viva.co.id/news/read/449511-misteri-hilangnya-lukisan-da-vinci-terungkap]

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Misteri Hilangnya Lukisan da Vinci Terungkap. Berlangganan melalui email sekarang juga:


BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Misteri Hilangnya Lukisan da Vinci Terungkap"

Posting Komentar

Terimakasih atas komentarnya sahabatku semuanya. Jangan bosan-bosan berkunjung ke Amru Site ya...